Sabtu, 07 Mei 2011

Wisata Wilayah Kabupaten Aceh Utara

Kabupaten Aceh Utara Ibukotanya adalah Lhoksukon, dahulunya adalah Lhokseumawe. Sekarang Lhokseumawe adalah Daerah Otonom. Alamat Lokasi : Kantor Bupati Aceh Utara: Jl.T.Hamzah Bendahara. Lhokseumawe. Kabupaten Aceh Utara. Kabupaten ini tergolong sebagai kawasan industri terbesar di Provinsi NAD dan juga tergolong industri terbesar di luar pulau Jawa, khususnya dengan dibukanya industri pengolahan gas alam cair PT. Arun LNG di Lhokseumawe pada tahun 1974. Di daerah wilayah ini juga terdapat pabrik-pabrik besar lainnya seperti: Pabrik Kertas Kraft Aceh, pabrik Pupuk AAF (Aceh Asean Fertilizer) dan pabrik Pupuk Iskandar Muda (PIM). Ladang gas dan minyak ditemukan di Lhokseumawe, sekitar tahun 1970-an. Kemudian, Acehpun mulai didatangi para investor luar negeri yang tertarik pada sumber daya alamnya yang hebat. Sejak saat itu, gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) yang diolah di kilang PT. Arun Natural Gas Liquefaction (NGL) Co, yang berasal dari instalasi PT. Exxon Mobil Oil Indonesia (EMOI) di zona industri Lhokseumawe, telah menyulap wilayah ini menjadi kawasan industri petrokimia modern.  
Cara Menuju Lokasi : Dari Kota Banda Aceh jarak tempuh sekitar 5 jam perjalanan menggunakan transportasi bus umum, ataupun kendaraan pribadi.  

Makam Sultan Malikussaleh (Pusat Kerajaan Samudra Pasai)  
Kerajaan Samudra Pasai merupakan Kerajaan Islam terbesar di Indonesia pada abad ke-13. Disinilah dahulu berdirinya Kerajaan Samudra Pasai yg berjaya pada masanya, thn 1267, disini juga tempat pemakaman Sultan Malikussaleh yang berkuasa tersebut. Alamat Lokasi : Desa Beuringin, Kec.Samudra, sekitar 18 km dari Kota Lhokseumawe. Kerajaan Samudra Pasai merupakan Kerajaan Islam terbesar di Indonesia pada abad ke-13, yg bukan hanya menjadi Pusat Perdagangan Internasional, tapi juga Peradaban dan Pendidikan Islam. Kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu yg bergelar Malik al-Saleh atau yang lebih dikenal dengan Malikussaleh, dan merupakan Raja Pertama Kerajaan Samudra Pasai. Bukti sejarah yg bisa dilihat adalah batu-batu nisan yg berhiaskan kaligraphy ayat-ayat suci yg bernilai sejarah tinggi. 
Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun angkutan umum.

Makam Ratu Nahrisyah 
Ratu Nahrisyah memimpin Kerajaan Samudera Pasai pd tahun 1416-1428 M, dan dikenal sebagai seorang yang arif dan bijaksana. Alamat Lokasi : Desa Kuta Krueng, Kecamatan Samudera, sekitar 18 km sebelah timur Kota Lhokseumawe. Ratu Nahrisyah memimpin Kerajaan Samudera Pasai pd tahun1416-1428 M, dan dikenal sebagai seorang yang arif dan bijaksana. Nahrisyah mangkat pada tanggal 17 Zulhijjah 831 H atau 1428 M.Dimakam tsb bisa dilihat Ayat-Ayat Suci Al-Quran bertuliskan Kaligrafi yang indah. 
Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan transportasi umum.  

Rumoh Cut MeutiaIni adalah Rumah Asli dari Pahlawan wanita Aceh, Cut Meutia, yang bersama Cut Nyak Dhien melawan penjajah Belanda , Alamat Lokasi : Daerah Pirak, Kec. Pirak Timoe, Aceh Utara. Ini Rumah asli Cut Meutia, khas rumah Aceh, disinilah beliau pernah menempatinya sebelum gugur dalam pertempuran melawan penjajah Belada. Rumah ini sudah beberapa kali direnovasi. Tapi keasliannya tetap dipertahankan.  
 Cara  Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil, sepeda motor ataupun angkutan umum lainnya, 

Tari  Seudati 
Tari Seudati adalah tarian yang terkenal dan berasal dari NAD.Tarian ini mulanya berkembang di Aceh Utara, dan sekarang menjadi salah satu Kesenian Nasional Indonesia. Tari Seudati menggambarkan semangat perjuangan, sikap kepahlawanan, keriangan, kelincahan, serta sikap hidup yang dinamis, kegotong royongan dan persatuan. Alamat Lokasi : Biasanya diselenggarakan jika ada pesta adat, ataupun pada acara kesenian, dan bertempat digedung kesenian ataupun panggung hiburan masyarakat. Kata Seudati berasal dari bahasa Arab Syahadatain atau Syahadati yang artinya Pengakuan atau Kalimah Syahadat. Tari ini telah berkembang di Aceh sejak ratusan tahun yang silam dan pada mulanya tidak bernafaskan Islam. Ketika Islam datang tarian ini diisi dengan nilai - nilai Islam sehingga dapat dipakai sebagai media dakwah. Ciri khas Tari Seudati adalah Heroik, gembira, dan Kebersamaan. Disamping itu tarian ini tidak menggunakan alat musik dan sebagai pengganti para penari membunyikan kertikan jari, hentakan kaki, tepukan dada serta syair -syair yang dilanturkan oleh dua orang narator yang disebut Aneuk Syahi. Syair-syair pengiring biasanya bertemakan keagamaan atau informasi pembangunan negara. Sewaktu perang Aceh, tari seudati digunakan untuk membakar semangat para pemuda untuk berperang melawan penjajah. Tarian ini dilakukan khusus oleh para pria yang berjumlah 8 orang.  
Cara  Menuju Lokasi : Bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Pantai Krueng Geukuh.
Pantai ini merupakan pantai yang indah dan bersih, karena masyarakat setempat sangat peduli akan keindahannya. Kita juga bisa melihat nelayan tradisional beserta perahu yg akan menangkap ikan. Alamat Lokasi : Kecamatan Dewantara, Kab. Aceh Utara. Pantai yg satu ini merupakan pantai yg pantas dikunjungi, karena selain indah dan bersih, kita juga bisa berinteraksi dg nelayan-nelayan tradisional yang akan menangkap ikan dilaut.  
Cara  Menuju Lokasi : Menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun angkutan umum lainya. 
 
Pantai Sawang.
Pantai ini menawarkan pesona alam yg eksotik, amat indah jika disore hari melihat matahari tenggelam. Alamat Lokasi : Jarak tempuh sekitar 29 km dari Kota Lhokseumawe, Desa Sawang, Kec. Samudra. Pantai Sawang merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah.  
Cara  Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun angkutan umum lainnya.  

Air Terjun Blang Kolam.
Air Terjun ini berada di hutan yg teduh dan asri. Untuk yg menginginkan kesejukan dan ketenangan tempat ini pantas dipilih. Alamat Lokasi : Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Kabupaten Aceh Utara. Jarak tempuh sekitar 21 km dari kota Lhokseumawe. Bagi yg ingin merasakan dinginnya air terjun, bisa berendam disini atau sekedar bersantai diakhir pekan.  
Cara  Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil, sepeda motor ataupun angkutan umum lainnya. Berlokasi di hutan yg teduh dan sejuk, serta hutan alam yg masih asri. 

Museum Malikussaleh.
Museum Malikussalah adalah Museum yang berada di Kabupaten Aceh Utara, Kategori : Museum Alamat Lokasi : Jln.T. Hamzah Bendahara. Lhokseumawe. Kabupaten Aceh Utara. Museum Malikussalah adalah Museum yang berada di Kabupaten Aceh Utara, 
Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan transportasi umum, Sumber : Buku Informasi Pariwisata Nusantara Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar